Monday 9 December 2013

Ideu usaha sebuah kisi-kisi

Membuat ide usaha tentu saja bukan pekerjaan enteng bagi kebanyakan orang.  Ide usaha yang dibuat harus lah rasional setidaknya dipandang dari, sisi teknis, sosial, ekonomi, dan lingkungan. rasionalitas ide usaha dari sisi teknis adalah bahwa ide tersebut harus bisa dijalankan dan layak secara teknis, dari sisi sosial ide itu dapat diterima oleh organisasi/ lembaga dan masyarakat, dari sisi ekonomi usaha tersebut menguntungkan baik bagi pelaku usaha maupun perekonomian suatu wilayah.  Implementasi ide usaha  mengandung dampak eksternal terhadap lingkungan, sehingga ide usaha tersebut harus eco-friendly, supaya sustainability usaha terjamin dan kerusakan lingkungan dapat dicegah/ dikurangi.Membua usaha diawali dari penciptaan ide usaha.  Upayakan kita membuat ide usaha sebanyak mungkin, dan kemudian dieleminasi berdasarkan informasi dari pihak kompeten.  Untuk berlatih cobalah :
  • Buatlah 3 ide bisnis dalam bidang peternakan, dan jelaskan rasionalitas ide tersebut berdasarkan keilmuan khusus yang menyangkut aspek teknis, sosial, ekonomi, dan lingkungan.
  • Pilihlah satu dari tiga ide bisnis peternakan tersebut, dan supaya bisnis tersebut tidak mengalami kegagalan, buatlah rencana bisnisnya menggunakan langkah-langkah memulai usaha. 

No comments:

Post a Comment